Kamis, 29 Oktober 2009

India
Budi Winoto
(physorg.com)
INILAH.COM, Jakarta - Asteroid raksasa yang jatuh di lepas pantai India menciptakan kawah terbesar yang pernah diketahui, sepanjang 40 km.
Jatuhnya asteroid ini telah melenyapkan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu, kata seorang ilmuwan India Amerika.
Sebagian besar kawah itu terletak di kontinen India, di daerah yang dikenal sebagai Bombay High. Dampak asteroid itu telah mencukur atau menghancurkan lapisan granit dengan ketebalan lebih dari 48 km di pantai barat India.
Sankar Chatterjee dari Texas Tech University dan timnya meneliti kawah besar Shiva yang tenggelam di sebelah barat India dan ditambang untuk minyak dan gas alam. Beberapa kawah merupakan kompleks situs hidrokarbon paling produktif di planet ini.
"Jika kita benar, ini adalah kawah terbesar yang dikenal di planet kita," kata Chatterjee. "Sebuah bolide ukuran besar, mungkin berdiameter 40 km, menciptakan tektonik sendiri. "
Sebaliknya, obyek yang melanda Semenanjung Yucatan Meksiko, dan umumnya diperkirakan yang memusnahkan dinosaurus, hanya memiliki diameter 8 hingga 10 km.
Sulit membayangkan bencana sebesar apa yang telah ditimbulkan. Tetapi jika tim ini benar, kerak bumi akan menguap pada titik tumbukan, meninggalkan mantel ultra panas.
Dampak dahsyat dari luar angkasa itu mungkin memicu letusan gunung berapi Deccan Traps yang pernah menutupi barat India.
Selain itu tubrukan juga memecah pulau-pulau Seychelles dari lempeng tektonik India dan mengirim mereka melayang ke arah Afrika.[ito]
(physorg.com)
INILAH.COM, Jakarta - Asteroid raksasa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar